cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Cara Membuat Gelas Dari Bahan Bambu

Cara membuat kerajinan gelas dari bambu

Baca Juga: 

Cara Membuat Gelas Dari Bahan Bambu – Kerajinan dari bambu memang sangat banyak dan tidak bisa dihitung jenis dan macam nya, hampir setiap barang bisa dibuat dari bambu sehingga para pengrajin lebih suka menggunakan bambu sebagai bahan utama nya karena lebih mudah dan lebih tahan lama. Untuk jenis bambu yang digunakan sendiri memang bermacam-macam jenis nya, tergantung dengan barang apa yang akan digunakan, yang jelas bukan bambu yang masih terlalu muda.

Salah satu kerajinan tangan dari bambu yang bisa anda buat adalah gelas, bagaimana cara membuatnya? Anda penasaran?

Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan kerajinan tangan berupa gelas dari bambu:

  • Pertama, ambil bambu yang sudah tua dan keringkan.
  • Langkah kedua adalah ambil bambu yang sudah dijemur selama beberapa hari, dan pastikan bahwa bambu tersebut tidak mengempes karena terlalu muda.
  • Ambil bagian bawah bambu yang terdapat kukunya atau biasa disebut dengan cincin pemisah bambu.
  • Potong bambu dengan ukuran gelas yang ingin anda buat, jadi ukur tingginya terlebih dahulu.
  • Setelah dipotong, anda akan mendapatkan bambu yang hampir mirip dengan gelas.
  • Langkah selanjutnya adalah pengamplasan, Amplas lah menggunakan Amplas Merk RADIUM yang sudah terbukti menghaluskan permukaan bambu, kayu, aluminium, dll dengan cepat dan sempurna.    ( Belanja Online di www. klikmjm.com )
  • Setelah halus, anda ukir bambu tersebut dengan bentuk yang anda inginkan, misalnya beri ukiran bunga di sampingnya, atau anda bisa memberikan ukiran di bagian mulut bambu tersebut.
  • Setelah itu anda ambil cat dan gambarlah apapun yang anda inginkan.
  • Anda juga bisa menambahkan mata, hidung, hingga alis di bagian tengah gelas mug jika memang anda ingin menghiasnya menjadi lebih lucu.
  • Tambahkan syal atau semacamnya agar hiasan nya benar-benar terasa.
  • Untuk bagian dalam nya juga harus anda haluskan menggunakan Amplas agar lebih indah.
  • Anda bisa mengecatnya juga.
  • Jika mug sudah siap, anda bisa menggunakan nya sebagai hiasan di rumah atau anda bisa menjualnya di toko oleh-oleh. Selain itu mug dari bambu ini juga bisa anda gunakan sebagai tempat minum anda.

Itu adalah Cara membuat kerajinan gelas dari bambu yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, sebenarnya cara membuat kerajinan itu bisa diganti-ganti sesuai keinginan anda dan tujuan dari pembuatan gelas atau kerajinan tersebut. Misalnya saja anda ingin menggunakan nya untuk gelas sungguhan, maka anda tidak perlu mengecat bagian dalam nya, dan anda perlu menghaluskan serta membersihkan nya dengan baik dan benar agar mug atau gelas tersebut bersih dan aman untuk anda gunakan sebagai tempat minum anda.

Selain itu anda juga bisa menggunakan sisa bambu tersebut sebagai bahan dalam pembuatan kerajinan tangan jenis lain nya, misalnya saja anda menggunakan nya untuk membuat suatu celengan. Tentu unik bukan membuat celengan bambu. Tidaklah sulit, anda hanya membutuhkan lem untuk merekatkan bagian bawah bambu dengan penutup bambu yang tersisa. Kemudian menempelkan nya, dan untuk hiasanya, anda bisa mengkreasikan dengan gaya dan keinginan anda sendiri.

Baca Juga:

Demikian Cara membuat kerajinan gelas dari bambu yang bisa kami informasikan untuk anda yang ingin belajar membuat gelas atau mug dari bambu sebagai hiasan rumah anda, semoga informasi seperti ini bisa membantu anda menambah wawasan serta kreatifitas anda dalam mengolah bambu menjadi bahan yang lebih bagus. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah mau mengikuti langkah-langkah di atas.

Back
Whatsapp