cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Membuat Speaker Unik dari Batok Kelapa & Bambu

Speaker atau pengeras suara adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara. Mungkin bagi kebanyakan orang speaker adalah barang biasa yang hanya digunakan untuk mendengarkan musik dan cendengun dengan model yg itu-itu aja. Nah disini kita akan mencoba membuat speaker dengan model yang unik serta terlihat seperti barang klasik yaitu dengan menggunakan batok kelapa dan bambu.

Kenapa menggunakan batok kelapa dan bambu? Karena dengan kita tidak memerlukan biaya yang besar dan untuk memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai. Speaker ini nantinya akan dapat melakukan perubahan dengan menghadirkan nuansa alami, yaitu merubah bodynya dengan batok / tempurung kelapa dan supportnya dari bambu.

Untuk membuat speaker dari batok kelapa dan bamboo, pertama-tama kite perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan-bahannya terlebih dahulu untuk membuat lampu meja dari batok kelapa. Alat dan bahan-bahannya yaitu:

  • Batok kelapa bekas – minimal 2 buah (untuk speaker kiri L & kanan R)
  • Gergaji besi manual
  • Amplas kasar dan halus
  • Spidol
  • Alat ukur, idealnya pakai jangka sorong / skit mate
  • Mesin bor tangan atau alat bor kayu manual
  • Potongan bambu diameter sekitar 5 cm dan pajang 3 cm saja.

Tahapan selanjutnya yaitu proses pembuatan, yang langkah-langkahnya ada dibawah ini;

  • Pengukuran

Silakan ukur dulu piringan speaker yang sobat miliki, gunakan jangka sorong atau skit mat, pada contoh dibawah, diameter lingkar dalam flange speaker adalah 50 mm (5 cm). Lingkar dalam ini yang diukur karena inilah nanti yang dipasang masuk pada batok kelapa, dan flange (lingkar luarnya) sendiri bisa tetap tertahan diluar.

pengukuran dengan jangka sorong

  • Pemotongan

Buat dulu penandaan dengan spidol, buatlah lingkaran diameter 50 mm pada bagian badan batok kelapa yang mau dipasangi speaker. Selanjutnya, lakukan pemotongan dengan gergaji besi, pelan pelan saja biar hasilnya halus dan tepat.

membuat lubang pada batok degan

  • Pembuatan Lubang kabel

Pada bagian belakang batok kelapa perlu dibuatkan lubang untuk keluarnya kabel power dengan diberi tanda titik dengan spidol, lalu gunakan mesin bor atau hand drill kayu.

pemasangan speaker pada lubangnya

  • Finishing

Untuk terlihat lebih bagus ada baiknya batok kelapa di amplas terlebih dahulu dengan amplas kasar dan halus untuk hasil yg lebih maksimal anda dapat menggunakan amplas dari RADIUM, selanjutnya batok kelapa dapat di vernis, atau setidaknya gunakan spray paint transparan untuk membuat lapisan mengkilap dan halus. Serta, haluskan juga potongan bambu yang mau dibuat sebagai kaki, biar batok kelapa tidak mudah terguling.

  • Pemasangan total

Pasang speaker dan kabel powernya yang dikeluarkan dari dalam batok. Kemudian yang terakhir pasang cover flange speaker, antara kaki dari bambu dan body dari batok jika mau dibuat permanent maka silakan gunakan lem super / power glue.

Cara Membuat Loud Speaker / Salon dari Batok Kelapa

 

Itulah tutorial bagaimana membuat speaker unik dari batok kelapa dan bambu yang sangat ekonomis. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat.

Sumber : Bintangtop.com

Back
Whatsapp