cs@klikmjm.com 021-2921 8911

Apa Itu Kertas Amplas (Sand Paper)?

Amplas (kadang juga disebut kertas pasir) adalah sejenis alat kerja yang terbuat dari kertas atau kain yang telah ditambahkan dengan bahan yang kasar seperti butiran pasir sehingga kadang-kadang disebut juga dengan kertas pasir.Amplas berfungsi untuk membuat permukaan benda yang kasar menjadi lebih halus dengan cara menggosokkan permukaan kasarnya ke permukaan suatu bahan atau benda.

Halus dan kasarnya kertas amplas ditunjukkan oleh angka yang tercantum dibalik kertas amplas tersebut. Semakin besar angka yang tertulis menunjukkan semakin halus dan rapat susunan pasir amplas tersebut. Amplas digunakan untuk mengamplas lapisan cat, putty (dempul) atau surfacer.

Amplas dibedakan menjadi 2 macam yaitu:

Amplas Kain

Amplas Kain adalah amplas yang lembaran dasarnya terbuat dari bahan kain. Amplas jenis ini sering digunakan dalam industri bangunan. Amplas jenis ini memiliki permukaan yang kasar dan mudah rontok bila terkena air. Makanya amplas jenis ini sering juga disebut dengan amplas kering.

Amplas Kertas

Amplas Kertas yaitu amplas dengan lembaran dasar berbahan kertas. Amplas jenis ini yang paling banyak digunakan. Amplas kertas bisa juga disebut sebagai amplas serbaguna, karena bisa digunakan dalam keadaan kering ataupun basah. pada persiapan permukaan pengecatan dan proses finishing (pemolesan) penggunaan amplas kertas cenderung digunakan dalam keadaan basah. Menggunakan amplas kertas dalam keadaan basah akan membuat goresan pada permukaan lebih merata.

Dibagian belakang lembaran amplas biasanya terdapat kode dengan nomor yang berbeda beda. Kode nomor tersebut adalah untuk membedakan tingkat halus atau kasarnya amplas. nomor amplas paling kecil menunjukkan bahwa amplas tersebut adalah amplas kasar. Semakin besar nomor kode yang terdapat pada ppbagian belakang amplas maka semakin halus permukaan amplas tersebut. Berikut adalah nomor nomor amplas yang sering digunakan pada amplas kertas dan kegunaannya pada industri Body repair :

#60 dan #80  Biasanya digunakan untuk mengupas permukaan cat yang rusak untuk dilakukan pendempulan ulang.

#120 dan #150 digunakan untuk mengikis dempul dasar dan membuat bentukan pola nat body.

#240 dan #360 digunakan untuk menghaluskan dempu lapisan kedua. perisapan surfacer (evoxy).

#400 , #600 dan #800 digunakan untuk menghaluskan permukaan evoxy dan persiapan pengecatan.

#1000  dan #1200 digunakan untuk persiapan pengecatan tanpa pendempulan.

#1500, #2000, #2500 digunakan untuk proses persiapan pemolesan (finishing).

Back
Whatsapp